Cara Meningkatkan Kunjungan ke Blog



pics. verticalresponse


Beberapa tahun memiliki Blog tapi sekedar untuk menulis saja tanpa pernah belajar SEO karena memang tujuan awalnya hanya sekedar untuk berbagi cerita melalui internet. Tapi semenjak rajin browsing dan melihat kisah sukses beberapa Blogger dan Youtuber, rasanya jadi tertarik untuk mulai fokus blogging, tapi kali ini lebih intens dan tidak sekedar hanya menulis saja.Apalagi setelah melihat statistik ada blog saya yang mencapai 90 ribu-an kunjungan dalam tiga setengah tahun tanpa saya update. Blognya bisa Anda kunjungi di hotelbandungpromo.blogspot.com.

Maka, kalau dihitung gampangnya saja itu berarti dalam satu hari ada sekitar hampir 70 pengunjung yang melihat blog saya tersebut. Sesuatu yang biasa mungkin bagi para internet marketer, tapi surprise bagi saya karena awalnya pesimis dan malas. Sekarang jadi lebih terbuka karena melihat earning di Google Adsense.

Isi blog tersebut hanya berisi informasi promo hotel-hotel di Bandung karena kebetulan saya bekerja di salah satu hotel di Bandung sampai awal 2013. Setelah itu saya pindah ke Jogja dan karena suatu hal, saya berhenti blogging.  Hingga akhirnya kembali buka blog sekitar bulan Oktober 2017 dan akhirnya "terpaksa" nge-Blog lagi karena diajak ngembangin website wisata yang namanya travlnesia.com  .Entar dibahas di postingan tersendiri aja ya.

Lalu apa rahasia Blog saya yang didiamkan tapi ternyata menghasilkan?

Kata temen saya yang Blogger tulen, itu karena secara tidak sadar sudah ada unsur-unsur SEO disitu. Inilah cara meningkatkan kunjungan ke Blog Kira-kira begini rangkumannya:



1. Judul Blog yang Relevan dengan Searching Engine. Ketika orang mencari informasi melalui Google, mereka akan memasukkan keyword atau kata kunci. Kesesuaian keyword dengan nama blog ini berpengaruh. Dalam kasus saya, hehe, saat orang mengetikkan "promo hotel di bandung"semua suku kata tersebut ada dalam judul blog saya yaitu hotelbandungpromo.blogspot.com

2. Artikel yang memang banyak dicari oleh orang. Kalau melihat Tabs dari Popular Post, terlihat kunjungan terbanyak adalah Wedding Package. Ini artinya banyak orang yang mencari informasi tentang pernikahan mulai dari tempat, tata rias, dekorasi, hingga souvenir.

3. Title pada Gambar. Ini akan memudahkan Google dalam menelusuri pada proses pencarian gambar pada saat Googling karena tidak semua orang mencari artikel namun juga gambar.

4. Social Media. Ini sangat penting karena memang terbukti bisa  meningkatkan trafik kunjungan ke Blog. Mulai dari facebook, twitter, instagram, path, dan lain-lain.

5. Kalau bisa pakai domain dan hosting sendiri, jangan yang gratisan. Nah, ini yang lagi diusahain. Ini tidak lepas dari profesionalitas saja. Orang akan nyaman berada di sebuah situs "resmi" dibandingkan yang gratisan. Google Adsense tidak hanya memperhitungkan jumlah klik tetapi juga impresi atau durasi lama tidaknya orang melihat iklan tersebut. Itulah kenapa banyak Youtuber menjadi jutawan.

Kira-kira itu saja gan yang bisa saya simpulkan tentang Cara Meningkatkan Kunjungan ke Blog. Masih ada beberapa lagi tapi sifatnya teknis yang saya juga susah jelasinnya. Takut salah tulis, ntar malah menyesatkan.

Comments