Benarkah Mereka Senang Jika Rakyat Cerdas?

Quote: AZ Quotes
Salah satu kalimat yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dan sering dijadikan janji politik adalah "mencerdaskan kehidupan bangsa". Pertanyaan besarnya adalah: Benarkan mereka senang jika bangsa (rakyat) Indonesia cerdas?

Beragam jawaban bisa disebutkan tetapi yang penting adalah yang kita rasakan sendiri saja. Apakah kita sebagai rakyat sudah cerdas? Atau jangan-jangan jika kita belum dianggap cerdas itu adalah akibat kesalahan kita sendiri? Atau ada sistem yang berjalan agar bangsa Indonesia tetap dianggap bangsa kelas sekian yang kemudian harus berguru pada peradaban baru di Barat sana agar dianggap bangsa cerdas?

Cuma pengen bilang itu saja kok. Karena kalau mau dibahas akan butuh data yang banyak dan belum tentu akan tuntas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, yang terpenting adalah apa yang kita rasakan. Peluang menjadi cerdas selalu ada karena kita dibekali akal, pikiran, rasa dan hati nurani oleh Tuhan. Itulah yang harus kita sadari terus menerus agar berdaya guna bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar kita.

Comments