Bekerja atau usaha sendiri?

pics. covenant7
 
Banyak pertanyaan mengenai judul diatas. Enaknya bekerja atau usaha sendiri ya? Pertanyaan yang bahkan sampai saat ini memenuhi pikiranku.

Aku sampai saat ini masih bekerja di sebuah perusahaan swasta di bagian accounting, namun disisi lain juga menjalankan usaha angkringan (Van Java). Konsekuensi yang dirasakanpun ternyata Luar Biasa. Pagi hari harus bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, malam hari (di awal-awal dulu) "nongkrongin" angkringan.

Sekarang sih frekuensi nongkrong berkurang dan mulai mengaktifkan Blog Angkrigan Van Java ini. Meluangkan waktu 2-3 jam untuk blogging ternyata tidak mudah juga. Apalagi kalau kerjaan di kantor lagi banyak. Sering gak di update...!Padahal standarnya (pengennya sih) 1 hari 1 postingan &10 blogwalking, tapi lagi-lagi kalo pas udah capek mikir kerjaan di kantor jadi males mikir postingan di Blog ini apalagi nongkrong di warung,mending kalo ujan, kalo ditambah hujan, makin lengkap sudah alasan untuk tidak ngapa-ngapain. Paling banter nonton Pansus Century maen wayang aja....Hehehe....


Lalu enak gak sih punya usaha sendiri? Saya berani bilang enak! Karena batas penghasilannya adalah ikhtiar dan doa kita. Hanya saja memang dibutuhkan tenaga, pikiran, dana dan doa EXTRA saat menjalankan usaha pada saat masih berstatus karyawan. Karena saat sharing dan mencari informasi dari teman-teman lain, ternyata memang tidak mudah menjalankan usaha sendiri. Dibutuhkan konsistensi, kreatifitas, keberanian dan strategi yang berkelanjutan serta berkesinambungan agar usaha mampu bersaing di pasar.

Yang paling bisa aku lakukan saat ini mungkin konsistensi dulu dengan harapan orang semakin mengenal Angkringan Van Java yang ada di  kota Bandung. Selalu meng-update Blog dan Page FB serta promo offline juga melalui flyer dan sistem getok tular.

Jadi bagi teman-teman yang berniat buka usaha namun masih bekerja juga, ada beberapa hal yang ingin kita sharing bahwa:
  1. Untuk membuka usaha dan menjalankannya pasti ada konsekuensinya. Entah dari sisi waktu, tenaga, pikiran ataupun dana.
  2. Jangan terburu-buru untuk keluar dari pekerjaan Anda yang sekarang karena dunia usaha sangat fluktuatif, apalagi jika Anda benar-benar baru di dunia usaha.
  3. Konsisten dengan usaha yang ditekuni walau apapun yang terjadi. Karena jika sering berganti jenis usaha, kebanyakan justru malah tidak jadi-jadi. Bukankah orang disebut ahli karena dia berkecimpung didunia itu selama bertahun-tahun?
  4. Buatlah usaha yang sesuai hobi atau pekerjaan yang Anda tekuni saat ini. Kalau tidak bisa di Main businessnya, cobalah sub businessnya. Misal mobil : Kalau belum mampu jadi agen/dealer, mungkin dicoba dulu dari aksesorisnya dulu.
  5. Menikmati proses jatuh bangun. Supaya ada cerita di masa yang akan datang saat sudah SUKSES...
Itu dulu deh sharing-nya. Moga-moga bisa jadi salah satu cerita baik hari ini. Amien.

Comments