Makanan Favorit Asal Jawa Timur


Menjadi perantau seringkali dihadapkan pada jenis makanan baru yang terkadang membuat saya agak khawatir dengan rasa dan efeknya terhadap tubuh saya. Beberapa berhasil saya akrabi, tetapi tak sedikit pula yang pada akhirnya tidak saya makan untuk kedua kalinya. Dari sekian jenis makanan yang pernah saya nikmati dan saya sukai adalah makanan khas Jawa Timur. Saya suka karena rasanya yang dominan gurih dan pedas. Kombinasi rasa gurih dan pedas ini terkadang membuat saya lupa dengan ukuran badan yang semakin melebar.

Inilah beberapa kuliner khas Jawa Timur yang jadi favorit saya:

1. Ayam Penyet Surabaya

Hampir disetiap kota yang saya datangi sekarang ada Ayam Penyet Surabaya. Selain rasa ayam gorengnya yang gurih, sambel bawangnya yang pedesnya top markotop itu membuat saya selalu lahap menyantap hidangan ayam penyet yang satu ini. 

Dari sinilah saya jadi paham istilah kapok lombok, yaitu istilah bagi orang yang suka bilang kapok tetapi masih saja mengulanginya di kemudian hari. Sama seperti kalau kita kepedesen setelah makan lombok, toh besoknya makan lagi, makan lagi. 

2. Nasi Penyetan Lamongan 


Kalau yang satu jangan ditanya lagi deh. Udah pasti banyak yang akrab dengan warung tenda satu ini. Teman sejati anak kos selain warteg dan angkringan.  hehe. Beragam penyetan yang lazim ada diwarung penyetan Lamongan adalah bebek, ayam, lele, telor, tahu dan tempe. Sedangkan nasinya tersedia nasi biasa atau nasi uduk yang rasanya gurih apalagi dengan taburan bawang merah goreng diatas nasi yang masih hangat mengebul...

Dulu favorit saya adalah pecel lele. Tapi semenjak terkena diare parah, saya berhenti makan lele. Meski masih sering ke warung penyetan Lamongan, menunya sekarang kalau gak ayam ya bebek. Maklum trauma...

3. Soto Lamongan


Rasanya yang segar selalu jadi kesukaan saya dan penikmat soto pada umumnya. Entah kenapa, rasa soto Lamongan ini berhasil memikat saya selain soto Bangkong Semarang dan soto Kudus atau soto Betawi. Mungkin karena koyanya atau memang kaldunya yang pas. Paling suka jika ayam yang dipakai adalah ayam pejantan. Maknyuss...

4. Rawon Setan Surabaya


Kalau ini saya ketularan istri yang hobi jalan-jalan ke Surabaya. Bisa dipastikan setiap ke Surabaya makan rawon satu ini. Disebut rawon setan karena pedesnya luar biasa. Meskipun begitu karena rasanya yang cocok di lidah kami, pedes itu berlalu begitu saja dan selalu mampir lagi kalau ke Surabaya.

5. Pecel Madiun



Pas banget disantap di waktu sarapan atau makan siang. Nasi pecel Madiun plus peyek kacang sepertinya tak tergantikan oleh pecel manapun. Sambel kacangnya yang gurih, sedikit manis dan pedes itu bikin lidah tak berhenti bergoyang saat menikmatinya. Saking "mindednya" saya selalu menyimpan sambel kacang dalam kemasannya. Jadi sewaktu-waktu pengen, tinggal kasih air panas, jadi deh...

6. Ayam Lodho Tulungagung


Nah, kalau yang satu ini karena istri saya pernah cukup lama tinggal di Tulungagung dan sering masakin sayur Lodho ini. Dulu diawal saya ngelihat, ini kok mirip opor yang di kombinasi dengan rica-rica. Tapi pas udah kena rasanya, nagih jadinya. Memang agak mirip-mirip opor tetapi pedesnya itu bikin gak nahan pengen nambah nasi lagi... 

----

Itulah makanan - makanan khas Jawa Timur yang jadi kesukaan saya selama ini. Ada beberapa lagi yang tapi kayaknya gak perlu di ulas, seperti nasi Krawu dan lontong balap. 












Comments